Pekan Depan Cina Kirim Tiga Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Tianhe

Jumat, 11 Juni 2021 – 15:45 WIB

Foto: Xinhua News Agency

Foto: Xinhua News Agency

Jiaquan, REQNews.com -- Cina memindahkan roket Long March-2F Y12 yang akan membawa tiga astronot ke Stasiun Ruang Angkasa Tianhe ke landas luncur di Jiaquan, barat daya Cina. Peluncuran dijadwalkan pekan depan.

Kantor Teknik Luar Angkasa Berawak Cina dalam keterangan singkatnya menyebut tanggal tentatif peluncuran 16 Juni 2021. Tiga astronot akan bermukim tiga bulan di Stasiun Luar Angkasa Tianhe, lebih penjang dari misi sebelumya.

Selama di Tianhe, ketiganya akan berjalan di luar angkasa, melakukan pekerjaan konstruksi, pemeliharaan, dan eksperimen sains. Sebelumnya, bagian utama Tianhe diluncurkan ke orbit pada 29 April, membawa bahan bakar, makanan, dan peralatan.

Badan Antariksa Cina total akan melakukan sebelas peluncuran hingga akhir tahun depan, untuk mengirim dua modil laboratorium, dan mempeluas Tianhe. Stasiun luar angkasa seberat 70 ton itu akan dipenuhi persediaan untuk awak yang tinggal sedemikian lama.

Peluncuran pekan depan adalah yang ketiga, dan yang pertama dari empat misi berawak yang direncahanakan. Misi karbo lainnya direncakan September, setelah itu kru pengganti akan dikirim.

Dua modul Tianhe, kata dalam Bahasa Cina yang berarti Harmoni Surgawi, akan diluncurkan tahun depan.

Maret lalu Cina mengatakan kru yang akan dikirim campuran veteran dan pendatang baru, termasuk beberapa wanita. Cina telah mengirim sebelas astronot ke luar angkasa, semuanya pilot pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Yang Liwei, yang mengorbit Bumi dalam misi awak pertama Cina tahun 2003, mengatakan seluruh awak Tianhe pertama adalah laki-laki.