Kapolda dan Kapolres yang Tak Bisa Atasi Premanisme Siap-siap Disikat Kapolri

Jumat, 11 Juni 2021 – 22:02 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, REQnews - Persoalan premanisme di Indonesia kian hari makin menjadi. Hal ini tentu saja membuat masyarakat menjadi resah dan terganggu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk menindak premanisme dan pelaku kejahatan konvensional lainnya yang meresahkan masyarakat. Apalagi, hal tersebut menjadi perhatian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Setiap Kepala Kepolisian Daerah dan Kepala Kepolisian Resor yang belum menuntaskan persoalan premanisme di wilayah hukumnya masing-masing, siap-siap saja ditegur langsung oleh Jenderal polisi bintang empat tersebut.

"Kalau belum action (aksi) juga, saya selaku Kapolri yang akan tegur. Ini harus ditindaklanjuti oleh seluruh anggota dan jajaran di lapangan," ujar Sigit melalui keterangan tertulis pada Jumat, 11 Juni 2021.

Sebelumnya, Presiden menyambangi terminal peti kemas Koja, Jakarta Utara. Di sana, Jokowi mendengarkan keluhan para sopir truk kontainer soal premanisme dan pungutan liar. Setelah itu, Presiden langsung menelepon Listyo Sigit untuk menuntaskan persoalan ini.

Sigit pun mengingatkan, khususnya kepada Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto, dan seluruh Kepala Kepolisian Daerah agar bergerak cepat untuk menghukum pelaku kejahatan.

Bahkan, Kapolri Listyo Sigit memastikan akan langsung memantau seluruh jajarannya sendiri. "Saya akan ikuti perkembangan di lapangannya apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum," ucap dia.