Polisi Tangkap Bos OPM Mairon Tabuni yang Sering Bikin Rusuh di Mimika

Sabtu, 12 Juni 2021 – 12:00 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Polisi menangkap salah satu petinggi kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang telah lama menjadi buron, yakni Mairon Tabuni di Kabupaten Mimika, Kamis 10 Juni 2021.

Kabid Humas Pola Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Mairon diringkus di sekitaran Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Mimika, pukul 19.15 WIT. 

"Tim gabungan berhasil melakukan penangkapan terhadap satu orang yang merupakan DPO Polres Mimika atas nama Mairon Tabuni dan terlibat dalam berbagai aksi yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Mimika," kata Kamal, Sabtu 12 Juni 2021.

Menurut Kamal, penangkapan dilakukan ketika Mairon tengah melintas di Jalan Ahmad Yani menggunakan mobil Avanza warna hitam. Kemudian, ia disergap lalu dibawa ke Polres Mimika.

"Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa tersangka pada tahun 2017 ikut bergabung dengan KKB karena di ajak oleh Nau Waker," ujar Kamal.

Dalam penangkapan itu, polisi turut menyita sejumlah barang bukti. Antara lain, tas ransel, dompet, penutup kepala, handphone, KTP, noken, satu plastik berisi emal hasil dulang, pisau badik, serta sejumlah uang.

"Saat ini tersangka dalam pemeriksaan intensif penyidik Satuan Reskrim Polres Mimika," kata dia.

Sebelumnya, kepolisian juga menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Merauke, Papua berinisial EKM di Merauke, Papua pada Rabu 9 Juni sekitar pukul 22.35 WIT.

EKM ditangkap karena diduga menyebarkan berita bohong alias hoaks bernada provokatif dan SARA di akun Facebook pribadinya dengan nama Manuel Metemko.

Dalam penggeledahan terhadap handphone milik EKM, polisi menemukan bahwa yang bersangkutan menjalani komunikasi dengan aktivis HAM Veronica Koman.