Kasus Covid-19 Melonjak, Luhut Salahkan Pemudik Lebaran

Selasa, 15 Juni 2021 – 22:02 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini terjadi akibat masyarakat ngeyel mudik Idul Fitri.

"Pemerintah sudah minta supaya stay at home, tidak mudik, (tapi) kemarin kita ramai-ramai (mudik). Inilah buahnya sekarang. Jadi kita semua harus melakukan perenungan," katanya, Selasa, 15 Juni 2021. Tanggapan tersebut, disampaikan Luhut dalam konfrensi pers virtual terkait “Upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Bidang Alat Kesehatan”.

Menurutnya, pemerintah sudah berulang-ulang mengumumkan serta menegaskan bahwasanya mudik dilarang. Namun faktanya, tetap saja banyak yang akhirnya melakukan mudik lebaran Idul Fitri dengan berbagai macam cara.

Luhut pun meminta para kepala daerah agar bisa memberikan teladan yang baik kepada masyarakat. Dia menilai, hal itu penting agar tidak ada korban lebih banyak lagi. “Ini kesempatan buat kita berkaca. Ini kesalahan kita ramai-ramai,” ucap Luhut.

Diketahui, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di beberapa daerah. Khusus di DKI Jakarta, tambahan pasien positif per Senin (14/6) kemarin mencapai 2.722 orang. Sementara jumlah kasus aktif juga bertambah 1.652, menjadi total 19.096 kasus.

Jumlah ketersediaan kamar tidur di RSDC Wisma Atlet maupun rumah sakit lain di Jakarta juga kian menipis. Alhasil, Pemprov DKI menyiapkan sejumlah gedung untuk digunakan sebagai tempat isolasi pasien.

Di antara gedung yang disiapkan adalah tower 8 Wisma Atlet Pademangan, Rusun Nagrak Cilincing, hingga Graha Wisata Ragunan.