Demo di Gedung Merah Putih, BEM SI: Kami Telah Kirim WhatsApp Minta Ketua KPK Mundur

Rabu, 16 Juni 2021 – 20:31 WIB

Ketua KPK Firli Bahuri (Foto:Istimewa)

Ketua KPK Firli Bahuri (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) berunjuk rasa di dekat Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 16 Juni 2021 sore.

Mereka berunjuk rasa terkait polemik asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berujung pada pemecatan puluhan pegawai KPK.

Koordinator Media BEM SI, Muhammad Rais berkata bahwa pelemahan terhadap KPK sudah berulang kali terjadi. Teranyar, 75 pegawai yang dinonaktifkan.

"Kami sebagai mahasiswa akhirnya sadar, kelemahan di KPK tidal hanya terjadi sekali ini saja. Tetapi sudah seperti direncanakan," ucap Rais, Rabu 16 Juni 2021 sore.

Sebelum menggelar aski hari ini, BEM SI mengaku telah melakukan serangkaian acara seperti diskusi publik beberapa kali digelar guna menyuarkan polemik TWK yang dianggap bermasalah tersebut.

"Kami sering konsolidasi bersama korban yang tergabung dalam 75 orang itu. Bahkan kami juga buat diskusi publik terkait kenapa sih hingga akhirnya mereka di nonaktifkan hingga akhirnya viral dimana-mana," katanya.

Ada beberapa rangkaian aksi yang sudah dihelat sebelumnya, yakni mengirim pesan singkat melalui WhatsApp kepada Ketua KPK Firli Bahuri untuk mundur dari jabatannya hingga mengganti foto profil akun di media sosial dengan foto "Berani Jujur, Pecat".