Ini Sosok Ketua DPRD Tolikara yang Diduga Kirim Uang Rp 370 Juta ke Pemasok Senjata KKB

Rabu, 16 Juni 2021 – 21:32 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo (Foto:Istimewa)

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo diduga terlibat dalam kasus pemasok senjata kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Keterlibatannya adalah memberikan bantuan dana sebesar Rp370 juta yang digunakan untuk transaksi jual-beli senjata api dan amunisi untuk KKB Papua.

Sonny Arson merupakan salah satu politisi muda yang sukses di usianya yang masih 26 tahun dirinya telah dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolikara periode 2019-2024 pada Jumat 6 Maret 2020.

Sonny dilantik menjadi orang nomor satu parlemen Tolikara, lantaran Partai Nasdem memenangi 9 dari 30 kursi DPRD Kabupaten Tolikara.

Sonny Arson pernah menempuh pendidikan di Universitas Warmadewa.

Sonny Wanimbo pada saat itu merupakan Ketua Ikatan Mahasiswa Pegunungan Sejawa dan Bali.

Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan pegunungan.

Keterlibatan Sonny dalam pembelian sejata langsung dikemukakan Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan uang yang diterima sebesar Rp370 juta yang digunakan untuk transaksi jual-beli senjata api dan amunisi untuk KKB Papua diberikan Sonny ke Neson Murib.

"Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu dengan saudara Dewan Wenda yang mana bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika," kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu 16 Juni 2021.

Uang tersebut diduga diberikan Sonny Wanimbo kepada Neson pada April 2021 lalu di salah satu hotel di Papua.

Adapun Sonny dan Neson saling mengenal karena pernah mengenyam pendidikan yang sama di Universitas Warmadewa.