Begini Kronologis Pemulangan Buron Kelas Kakap Adelin Lis

Sabtu, 19 Juni 2021 – 22:30 WIB

Buron kasus pembalakan Adelin Lis

Buron kasus pembalakan Adelin Lis

JAKARTA, REQnews - Buron kasus pembalakan liar Adelin Lis telah dipulangkan dari Singapura ke Indonesia pada Sabtu 19 Juni 2021 malam.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengungkapkan proses pemulangan buron kelas kakap yang ditangkap di Singapura karena menggunakan paspor palsu tersebut.

"Tadi jam 19.40 WIB sampai 19.55 telah mendarat pesawat Garuda GA 837 yang membawa terpidana saudara Adelin Lis yang bersangkutan di Singapura ditangkap menggunakan paspor palsu atas nama Hendro Leonardi," kata Buhanuddin di Jakarta.

Adelin diangkut menggunakan pesawat komerisal Garuda Indonesia. Setibanya di Jakarta, ia tampak menggunakan rompi warna merah muda khas tahanan kejaksaan, menggunakan masker dan kacamata, serta dikawal ketat petugas.

Ia menyebut, keberhasilan penangkapan dan pemulangan Adelin ini berkat kerja sama yang baik antara Kejaksaan Agung RI dan otoritas Singapura.

"Dan tentunya dalam kesempatan ini dan terlaksananya pemulangan ini adalah berkat dukungan dari otoritas pemerintahan Singapura dan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indoensia di Singapura. Dan seterusnya kerja sama dan dukungan dari jajaran Jaksa Agung Singapura dan sampai saat ini kita alhamdulillah bersyukur terpidana saudara Adelin Lis dapat kita bawa ke sini," ujarnya.

Burhanuddin juga menyebut, pihaknya mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri RI dalam penangkapan Adelin, terutama peran dalam komunikasi yang baik dengan otoritas Singapura.

"Kemudian ini juga dukungan dari Kementerian Luar Negeri kita juga sangat mendorong dan membantu kami di sini. Karena setiap saat kami selalu koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri selalu komunikasi dengan Pemerintahan Singapura. Dan untuk itu saya juga berterima kasih untuk teman-teman yang telah membawa terpidana ini," kata Buhanuddin.