Kebagian Rp3 Miliar, Hotma Sitompul Dihadirkan di Sidang Kasus Bansos Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 – 14:05 WIB

Hotma Sitompul (Foto:Istimewa)

Hotma Sitompul (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menggelar sidang perkara dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di pada Kementerian Sosial hari ini, Senin 21 Juni 2021.

Pengacara kondang Hotma Sitompul akan dihadirkan dalam sidang ini sebagai saksi bagi terdakwa mantan Mensos Juliari Peter Batubara.

"Saksi Senin 21 Juni 21: Chandra Andriati, Merry Hartini, Hotma Sitompul, Eko Budi Santoso, Ihsan Yunus," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin 21 Juni 2021.

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta sebelumnya tidak mengabulkan permintaan advokat Hotma Sitompul untuk memberikan keterangan melalui telekonferensi video bagi Juliari.

JPU KPK Ikhsan Fernandi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 14 Juni 2021, sebelumnya menyampaikan adanya permintaan salah satu saksi, Hotma Sitompul, untuk menjalani sidang secara virtual.

Namun dalam kesempatan tersebut, majelis hakim menolak permintaan itu.

"Sama seperti (permohonan) yang kami terima, dihadirkan saja, untuk sementara majelis tidak mengabulkan permintaan itu!" jawab Hakim Damis atas permintaan tersebut.

Dalam dakwaan disebut pada Juli 2020 Hotma Sitompul mendapatkan Rp 3 miliar untuk biaya pengacara yang menangani kasus kekerasan anak.