Menkominfo Tiba-tiba Disurati Sosok Ini, Isinya Minta Blokir Game Free Fire hingga Mobile Legends

Rabu, 23 Juni 2021 – 04:02 WIB

Menkominfo diminta blokir game Free Fire hingga Mobile Legends. (Foto: Istimewa)

Menkominfo diminta blokir game Free Fire hingga Mobile Legends. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tiba-tiba mendapat surat dari Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan yang berisi permintaan untuk memblokir situs dan game online karena dinilai memberi dampak negatif pada anak-anak.

"Bupati telah menyampaikan surat permohonan untuk meminta Menkominfo melalui Direktorat Jenderal Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir 'game online' di wilayah Kabupaten Mukomuko," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Bustari Maller, dikutip dari ANTARA, Rabu, 23 Juni 2021.

Lebih lanjut, Bustari menjelaskan, Bupati Sapuan meminta Menkomindo memblokir game online sehubungan dengan banyaknya keluhan masyarakat setempat terhadap game online di Kabupaten Mukomuko yang bisa diakses oleh semua kalangan, terutama para remaja yang masih usia sekolah.

Diungkapkannya, Bupati meminta Menkonmnfo memblokir game online antara lain "game PUBG M", "game free fire", "game mobile legends", "game higgs domino" serta game sejenis lain yang aplikasinya tersedia di smartphone maupun komputer lainnya.

"Mereka, anak-anak itu, telah menjadi pecandu game online sehingga kondisi seperti ini seharusnya segera mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat," katanya.

Bustari pun menilai tindakan Bupati Sapuan menyampaikan surat ke Menkominfo ini adalah tepat. Pasalnya, pemerintah daerah setempat tidak mempunyai kewenangan memblokir situs dan aplikasi game online tersebut.