Terduga Teroris Kabur, Irjen Anang: Segera Kami Tangkap, Dia Gak Sendirian

Minggu, 04 Juli 2021 – 20:33 WIB

Terduga teroris berinisial AS alias Abu Raffa (Foto: Istimewa)

Terduga teroris berinisial AS alias Abu Raffa (Foto: Istimewa)

BANGKA BELITUNG, REQnews - Seorang terduga teroris berinisial AS alias Abu Raffa (44) melarikan diri dari ruang tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kamis 1 Juli 2021 dini hari.

Dalam kasus tersebut, ia diduga berperan sebagai perakit dan penyuplai senjata api. AS ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror di sebuah rumah di Kelurahan Gadjah Mada, Pangkalpinang pada Rabu 30 Juni 2021.

Dari penangkapan itu, tim Densus 88 menyita sejumlah barang bukti. Sementara pelaku kemudian dibawa ke gedung Dit Tahti Polda Bangka Belitung untuk dilakukan pemeriksaan.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat menyebut AS melarikan diri ketika masih dalam proses pemeriksaan dan terdapat jeda istirahat karena sudah larut malam.

"Saat ini masih pengejaran dan kita melakukan pengembangan karena yang bersangkutan tidak mungkin sendiri," ujar Anang di Mapolda Bangka Belitung, Jumat 2 Juli 2021.

Ia pun memastikan bahwa pihaknya fokus untuk melakukan upaya pencarian dengan dibantu oleh TNI. Kepolisian juga menyebarkan foto pelaku kepada masyarakat. "Foto-foto terbaru yang diambil saat pemeriksaan itu, supaya masyarakat tau melalui media sosial juga," kata Jenderal Bintang Dua itu.

Namun, Anang enggan menduga-duga soal adanya unsur kelalain internal petugas. "Itu nantilah, kita fokus dulu pada pengejaran. Kalau kelalaian personel nanti, jangan jadi masalah baru," katanya. 

Sebelumnya, AS diduga kabur melewati jendela bagian belakang gedung Mapolda dan langsung menghilang di kawasan semak belukar pada Kamis dinihari.

Terkait itu, petugas kepolisian pun tengah mendalami rekaman CCTV di seluruh sisi Gedung Mapolda. Dalam kasus tersebut pelaku diduga berperan merakit senjata api yang kemudian dikirim pada dua terduga lainnya yang sudah ditangkap di Jakarta.