Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

KPK Lacak Aset Tersangka Kasus BLBI

Rabu, 12 Juni 2019 – 16:30 WIB

(Foto:Reqnews)

(Foto:Reqnews)

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melacak setiap aset milik Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim.

Tersangka kasus dugaan korupsi atas penerbitan Surat Keterangan Lunas BLBI ini hartanya dilacak dalam rangka memetakan aset-aset yang akan dirampas untuk mengembalikan kerugian keuangan negara sebesar Rp4,58 triliun akibat tindak pidana korupsi yang dilakukan pasutri tersebut.

"Kami menelusuri aset-aset yang diduga terkait dengan tersangka dan juga pokok perkara ini. Sehingga saat prosesnya berlanjut KPK bisa maksimalkan asset recovery karena kerugian keuangan negara yang sudah dihitung Rp4,58 Triliun," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut Febri mengemukakan bahwa KPK berharap Rp4,58 Triliun ini bisa dirampas untuk negara dan kemudian dikembalikan ke masyarakat.

Sjamsul memiliki sejumlah bisnis di bidang properti, batubara dan ritel. Salah satunya, PT Gajah Tunggal Tbk. tetapi namanya tak tercantum dalam struktur perusahaan raksasa tersebut. Namun, Sjamsul diduga masih mengendalikan perusahaan produsen ban tersebut.

Menurut KPK, meski Sjamsul tidak terdapat di perusahaan tersebut, namun tidak akan menjadi hambatan bagi KPK. Karena nama aset bisa saja dalam bentuk apapun dan memakai nama siapapun. Apalagi KPK ketahui ada yang disebut dengan BO, beneficial owner, yang bisa saja namanya tercantum atau tidak tercantum di sebuah struktur perusahaan. KPK pasti juga akan menelusuri informasi semua informasi yang ada terkait dengan kepemilikan aset.