Kondisi Indonesia Dijamin Aman Jelang Sidang Gugatan Pilpres

Rabu, 12 Juni 2019 – 22:00 WIB

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

JAKARTA, REQnews - Jelang sidang gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Menteri Pertahanan (Menhan) Rymizard Ryacudu menjamin kondisi Indonesia saat ini dalam keadaan aman dan baik-baik saja.

Seperti diketahui, capres 02 Prabowo-Sandiaga mengajukan gugatan sengketa Pilpres 2019 kepada MK yang proses persidangannya akan dimulai pada 14 Juni sampai 24 Juni 2019 mendatang.

"Situasi terkini kemananan baik. Diharapkan sampai tanggal 24 juga baik," kata Ryzamizard di Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Ia juga akan terus melakukan kontrol atau pengawasan atau kondisi kemananan secara berkala, agar tak ada lagi yang coba mengadu domba TNI dan Polri, yang selama ini dianggapnya sebagai penjaga utama persatuan dan kesatuan Indonesia.

Menurutnya, pihak-pihak radikal itu pasti akan selalu ada. Yang memang tidak suka dengan Pancasila dan mengacaukan negeri ini, sama seperti yang terindikasi pada aksi rusuh 21 dan 22 Mei 2019 lalu

"Yang merusak pasti ada. Radikal-radikal itu. Yang enggak suka Pancasila itu," ujar Menhan.

Dia pun menuturkan, pengamanan sejauh ini dilakukan secara profesional. Jika memang ada pihak-pihak yang mencoba membuat suasana gaduh, sebenarnya polisi sudah mengingatkan.

"Ya kita secara profesional. Mulai sekarang kita ingatkan, nanti saya ingatkan, polisi yang mengingatkan, nanti kalau begini, hukum begini. Sudah diingatkan. kalau terjadi hukum itu ya jangan marah, gitu," kata Ryzamizard.