Pak Erick Gigit Jari, OC Kaligis Menang Gugatan Jiwasraya Rp 23 Miliar

Sabtu, 10 Juli 2021 – 18:35 WIB

Advokat, OC Kaligis (Foto: Istimewa)

Advokat, OC Kaligis (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Saptono Setiawan mengabulkan gugatan OC Kaligis terhadap PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Kamis 8 Juli 2021.

Melalui putusannya, Hakim Saptono Setiawan memerintahkan agar perusahaan asuransi itu mengembalikan uang milik penggugat sebesar Rp 23.630.000.000. OC Kaligis pun mengucap syukur atas putusan hakim yang dinilai adil dan objektif berdasarkan fakta.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi putusan Majelis Hakim Perkara No.219/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst, yang diketuai oleh Saptono Setiawan. Menurutnya, itu adalah bentuk perlindungan hukum terhadap warga negara agar kembali memperoleh haknya.

"Berkat kesabaran ekstra setelah menjalani sidang yang panjang di tengah pandemi Covid-19, akhirnya Majelis Hakim mengabulkan permohonan kami terhadap Jiwasraya. Terima kasih untuk Majelis Hakim yang telah objektif sehingga memutus dengan adil perkara ini," ujar OC Kaligis kepada wartawan, usai sidang. 

Ia pun mengungkapkan bahwa sangat menderita karena permasalahan tersebut. Advokat itu pun berharap agar pengawasan dari Menteri BUMN, Erick Thohir tetap ada. 

"Putusan sesuai fakta. Setengah mati saya mengumpulkannya. Kita nabung sekian dikabulkan sekian. Putusan hakim sangat adil. Mudah-mudah dibayar cepat," ujarnya. 

Dalam putusan tersebut, Jiwasraya selain harus mengembalikan uang milik OC Kaligis dan kawan-kawan sebesar Rp 23,6 miliar, juga ditambah dengan denda keterlambatan sebesar 1% per bulan dari keseluruhan nilai polis. Denda tersebut terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2018 sampai dengan putusan berkekuatan hukum tetap.

Halim pun memerintahkan Erick Thohir untuk mengawasi uang milik OC Kaligis dan kawan-kawan. Juga, bisa memonitor dan mendesak Jiwasraya agar segera memproses pengembalian uang milik penggugat.