Kenalin Nih, Pawang Kera Monkey Forest Ubud, I Nyoman Surata

Kamis, 13 Juni 2019 – 16:00 WIB

(Foto: Istimewa)

(Foto: Istimewa)

UBUD,REQnews - Pawang kera obyek pariwisata Monkey Forest Ubud, I Nyoman Surata (40), berjasa besar meningkatkan jumlah kunjungan ke destinasi wisata tersebut. Berkat dia, pengunjung monkey forest menjadi lebih ramai. Tak hanya mancanegara, wisatawan domestik juga banyak berdatangan. Hal ini terjadi karena Surata bisa mengarahkan kera dalam sesi pemotretan. Sehingga, kesannya seolah-olah kera yang mengambil foto sendiri alias selfie.

“Awalnya monkey selfie hanya dilakukan oleh wisman. Tapi setelah fotonya tersebar di media sosial, pengunjung lokal pun banyak yang ke sini. Saya sampai tak bisa istirahat,” ujarnya di Ubud, Kamis 13 Juni 2019.

Promosi dengan cara ini terbilang efektif dan berperan penting memperkenalkan objek wisata Monkey Forest Ubud yang baru. Sebab sejak beberapa tahun ini, objek wisata hutan kera ekor panjang ini terus melakukan pembenahan, mulai dari perluasan yang sebelumnya hanya tujuh hektar kini sudah mencapai 22 hektar. Selain itu, Monkey Forest Ubud juga memiliki tempat parkir yang mampu menampung 500 mobil Cara yang dilakukan Surata untuk membuat kera selfie ini relatif mudah. Ia meminta ponsel pintar pengunjung yang ingin dipotret.Saat sesi pengambilan foto, Surata memegang sebuah pisang.

Ketika seekor kera hendak mengambil pisang tersebut, Surata lantas menjepret kera dengan latar belakang pengunjung. Surata mengatakan, cara unik ini ditemukannya sejak setahun lalu. Hal tersebut bermula saat ia akan memberikan makanan para kera di monkey forest dan seorang wisatawan mancanegara meminta bantuannya untuk mengambil foto. Saat hendak mengambil gambar, tangannya masih memegang pisang. Tiba-tiba saat itu, ada seekor kera yang mengambil pisang tersebut sehingga pengunjung dan wajah kera ikut terpotret dan seolah-olah kera itulah yang memotret dirinya sendiri.

“Wisatawannya saat ini sangat puas dan senang dengan hasil foto itu,” ujarnya.

Setelah kejadian itu, Surata kerap menawarkan foto kera selfie pada wisatawan yang berkunjung. Seiring berjalannya waktu, pemotretan seperti itu menjadi terkenal karena banyak pengunjung yang menyebarkan hasil selfie-nya dengan kera ke media sosial.

Namun, ia menyarankan wisatawan supaya tidak melakukan monkey selfie sendirian karena untuk mengantisipasi kamera atau handphone yang digunakan dibawa lari oleh kera. (KIY)