Warga Kampung Sunter Agung Kaget Jokowi Datang Malam-malam, Ada Apa?

Jumat, 16 Juli 2021 – 08:20 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA, REQnews - Berbusana jaket model boomber warna cokelat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan paket sembako secara langsung kepada warga Kampung Sunter Agung di Jakarta Utara pada Kamis malam, 15 Juli 2021.

“Malam hari ini saya berada di Kampung Sunter Agung dalam rangka mengawali pemberian sembako pada masyarakat yang ini nanti akan diberikan menyeluruh,” ujar Jokowi dalam video yang dibagikan di YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis, 15 Juli 2021.

Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan beras sebanyak 200 ribu ton yang akan disalurkan ke warga selama PPKM Darurat. Penyaluran bansos beras dilakukan oleh Perusahaan Umum Bulog. Adapun bansos beras ini akan menyasar 10 juta keluarga untuk peserta program BST dan PKH.

“Pada awal ini kita akan bagikan 300 ribu paket obat. Diteruskan minggu depan 300 ribu yang berikutnya. Kita harapkan dengan pembagian sembako ini dan paket obat-obatan dan vitamin dan suplemen, masyarakat bisa lebih tenang dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Jokowi.

Warga bernama Sugiharto dan Karsini mengaku kaget atas kunjungan Jokowi. “Kirain bukan Pak Jokowi. Saya kaget, ” ujar keduanya. Sugiharto dan Karsini berharap wabah segera berakhir agar segera dapat berkumpul dengan keluarga.

Warga lain bernama Susanti juga menyatakan kaget saat rumahnya disambangi Jokowi. “Saya kaget banget tiba-tiba ada Pak Jokowi datang ke depan rumah. Saya kirain siapa. Ternyata benar-benar Pak Presiden, enggak nyangka,” ujarnya.

Sama seperti Sugiharto dan Karsini, Susanti juga berharap kondisi segera pulih agar krisis tak berkepanjangan. “Harapannya kembali normal. Semua enggak ada yang mau begini, semua serba susah, serba sulit,” katanya.

Paket sembako yang dibungkus dalam tas kain berwarna merah-putih dengan logo Sekretariat Kepresidenan tersebut juga berisi beras. Beras ini merupakan bansos tambahan yang disalurkan untuk penerima bantuan sosial tunai atau BST dan program keluarga harapan (PKH).

Selain membagikan paket sembako, Jokowi memberikan paket obat-obatan kepada masyarakat. Paket obat itu terdiri atas paket I, paket II, dan paket III untuk pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang.