Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Kapolri Tegaskan Polri Tidak Sebutkan Kivlan Zein Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Jumat, 14 Juni 2019 – 07:30 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, istansinya tidak pernah menyebut Mayjen (Purn) Kivlan Zen sebagai dalang kerusuhan pada 21-22 Mei 2019 lalu.

Menurut Tito, istansinya hanya mengatakan bahwa Kivlan Zen disangkakan merencanakan pembunuhan dan kepemilikan senjata api.

“Tolong dikoreksi, dari Polri tidak pernah mengatakan dalang kerusuhan itu adalah Pak Kivlan Zen, nggak pernah. Yang disampaikan Kadiv Humas pada saat press release di Menko Polhukam adalah kronologi peristiwa di 21-22 Mei di mana ada 2 segmen, yakni aksi damai dan aksi untuk melakukan kerusuhan,” ujar Jendral Tito saat apel pengamanan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Monas, Jakarta Pusat , Kamis (13/6/2019).

Namun, Tito menyakini kerusuhan 21-22 Mei di depan kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, telah dipersiapkan. Tito menyebut perusuh seperti sudah menyiapkan alat-alat untuk menyerang petugas.

Dari temuan tersebut, Tito menyebutkan ada pihak ketiga yang menata kerusuhan. Tapi pihaknya tidak menyampaikan bahwa dalang kerusuhan adalah Pak Kivlan. Dia menegaskan, Kivlan telah disangkakan melakukan pemufakatan jahat serta mempunyai senjata api.