Pilih Ekonomi Atau Perpanjang PPKM Darurat, Luhut Curhat di Instagram

Senin, 19 Juli 2021 – 11:01 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives), yang juga Koordinator atau penanggungjawab PPKM Darurat COVID Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives), yang juga Koordinator atau penanggungjawab PPKM Darurat COVID Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, REQnews - Hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan apakah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang atau tidak.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives), yang juga Koordinator atau penanggungjawab PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan, mengaku dilema saat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan tersebut. Pasalnya, keputusan untuk menerapkan PPKM bukanlah perkara mudah.

Sebab menurutnya, kebijakan ini harus bisa menyelamatkan kesehatan masyarakat dan juga menyelamatkan perekonomian nasional yang hancur lebur dihantam pandemi Covid-19.

"Memutuskan PPKM Darurat, satu sisi kita harus menghentikan laju penularan varian delta agar para dokter dan tenaga kesehatan serta fasilitas kesehatan lainnya bisa fokus menyembuhkan pasien Covid-19,” kata Luhut di akun Instagramnya, Minggu, 18 Juli 2021.

Meski demikian, dia tak menampik ada dampak ekonomi yang cukup signifikan jika kebijakan PPKM Darurat diterapkan. "Ada dampak ekonomi yang cukup signifikan terhadap kondisi ekonomi rakyat kecil akibat pembatasan aktivitas dan penurunan mobilitas masyarakat," tegasnya.

Oleh karena itu, ia telah diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk memberikan bantuan sosial guna meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM. "Presiden memerintahkan saya dan seluruh jajaran menterinya untuk memberikan tambahan berbagai bantuan sosial yang bisa diberikan kepada mereka yang ekonominya terdampak pandemi," tandasnya.