Tekan Ambisi Cina, Dua Kapal Perang Inggris Bakal Nangkring di Perairan Asia

Rabu, 21 Juli 2021 – 17:05 WIB

Perdana Menteri Inggis dan Jepang (Foto:republicworld)

Perdana Menteri Inggis dan Jepang (Foto:republicworld)

LONDON, REQNews – Paling sedikit dua kapal perang kepunyaan kerajaan Inggris, rencanya bakal ditempatkan secara permanen di perairan Asia pada akhir 2021 ini.

“Inggris akan secara permanen menempatkan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” demikian diungkapkan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dalam pengumuman bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Jepang Nobuo Kishi, dikutip dari CNN, Selasa 20 Juli 2021.

Nantinya, kapal induk Inggris yang membawa jet siluman F-35B tersebut akan berlabuh di markas komando armada Jepang dan USS Ronald Reagan, yaitu Yokosuka.

Penempatan kedua kapal itu diketahui memiliki alasan tersendiri usai kapal perang mereka, Ratu Elizabeth dan kapal pengawalnya berlayar ke Jepang pada September 2020 lalu.

Dilaporkan, kapal induk Amerika Serikat (AS) tersebut merupakan kapal satu-satunya yang dikerahkan di kawasan itu nantinya.

Sementara itu, diketahui jika rencananya menempatkan kapal perang tersebut datang ketika London tengah berupaya memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo, yang beberapa bulan belakangan ini menyatakan kekhawatiran mereka atas ambisi Cina memperluas jangkauan teretorial mereka di Asia, termasuk Taiwan.

Sebagai sekutu dekat AS yang menjadi seteru Cina di kawasan Laut China Selatan, Jepang memang menjadi tuan rumah konsentrasi terbesar pasukan militer AS di luar Amerika Serikat. Konsentrasi itu termasuk kapal, pesawat terbang, dan ribuan marinir.

Oleh karena itu, seorang juru bicara kedutaan Inggris di Jepang menyatakan kapal militer di negaranya tidak akan memiliki pangkalan permanen di Jepang.