Kini Giliran Arab Saudi Minta Warganya Tinggalkan Indonesia

Kamis, 22 Juli 2021 – 08:32 WIB

gambar ilustrasi

gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Akibat lonjakan kasus infeksi virus corona (Covid-19) yang terjadi di tanah air, pemerintah Arab Saudi untuk sementara melarang seluruh penduduknya untuk bepergian ke Indonesia.

Menurut sumber di Kemendagri Saudi, langkah itu diambil untuk memastikan keselamatan penduduk mereka dari terpapar kasus Covid-19 di Indonesia yang melonjak akibat penyebaran varian Delta.

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan pengumuman terbaru tersebut pada Rabu malam, 21 Juli 2021. Tak hanya melarang datang, Arab Saudi juga meminta warganya segera kembali ke negeri tersebut dari Indonesia.

Hal ini dilaporkan media resmi setempat Saudi Press Agency (SPA). Ini ditulis bersamaan dengan aturan larangan warga negara Arab Saudi, baik langsung maupun tidak langsung terbang ke RI.

Saudy Press Agency (SPA) menyebut wabah corona menjadi penyebab. Pemerintah khawatir dengan penularan Covid-19 di Indonesia.

"Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa berdasarkan kepedulian pemerintah kerajaan terhadap keselamatan warga yang ingin bepergian ke luar negeri, dan mengingat berlanjutnya wabah pandemi virus corona (Covid-19), penyebaran virus mutasi baru strain virus, dan situasi kesehatan di Republik Indonesia berikut telah diputuskan: mencegah warga bepergian langsung atau tidak langsung ke Indonesia sampai situasi di Indonesia stabil," tulis laporan SPA dimuat Arab News, Kamis, 22 Juli 2021.

"Kementerian Dalam Negeri meminta warga yang ada di Indonesia untuk berhati-hati dan menjauh dari penyebaran virus. Untuk kembali lebih cepat ke kerajaan," tegas pengumuman itu lagi.