Ngemplang Pajak, Ratusan Pedagang Kaki Lima Ternyata Miliarder

Senin, 26 Juli 2021 – 18:32 WIB

Ilustrasi Disangka Miskin Pedagang Kaki Lima yang Hindari Pajak Ternyata Miliader (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Disangka Miskin Pedagang Kaki Lima yang Hindari Pajak Ternyata Miliader (Foto:Istimewa)

INDIA, REQNews - Ratusan warga diam-diam ternyata konglomerat. Mereka sengaja 'menyamar' dan bersembunyi dari Departemen Pajak. otoritas pajak kini telah mengidentifikasi lebih dari 250 pedagang kaki lima dan penjual rongsokan yang sebenarnya adalah miliarder.

Dilansir dari Vice, 250 pedagang kaki lima dan penjual rongsokan yang sebenarnya adalah miliarder itu berada di kota Kanpur, India.

Mereka termasuk penjual buah dan sayur, pemilik toko farmasi kecil, pedagang grosir, pemulung, dan pekerja kebersihan yang telah berhasil mangkir dari pajak selama bertahun-tahun dengan menghindar darisebagai miliader.

Menurut departemen pajak, para konglomerat rahasia ini menabung dan menghabiskan lebih dari 37,5 juta rupee (Rp7,2 miliar) untuk membeli properti. Departemen juga menemukan sejumlah pengepul rongsokan punya setidaknya 3 mobil. Banyak juga yang membeli lahan pertanian luas di daerah pedesaan sekitar Kanpur.

Namun, transaksi rahasia mereka baru terungkap ketika departemen pajak menyelidiki menggunakan perangkat lunak data raksasa. Mereka mendapati ratusan miliarder ini belum membayar pajak apa pun di luar pendaftaran Pajak Barang dan Jasa (pajak tidak langsung yang digunakan di India untuk penyediaan barang dan jasa). Selain itu, setidaknya 65 pemilik toko kelontong dan apoteker belum mendaftarkan bisnis mereka.

Beberapa di antaranya pun menutupi aset dengan berinvestasi properti atas nama anggota keluarga lainnya. Yang lainnya mengandalkan bank koperasi dan skema keuangan kecil yang mereka yakini dapat menyembunyikan jejak uangnya.

Namun, mereka ketahuan setelah seseorang menggunakan detail kartu PAN mereka, nomor identifikasi yang diberikan kepada seluruh wajib pajak di India. Kesalahan ini membuat ratusan penghindar pajak terungkap.

Ini bukan pertama kalinya miliarder rahasia India terungkap. Pada 2016, belasan penjual makanan pinggir jalan di Kanpur ketahuan punya penghasilan yang disembunyikan sebesar 600 juta rupee (Rp116 miliar), begitu juga di kota Hyderabad, India selatan.

Di kota-kota besar India, legenda urban tentang pedagang kaki lima yang tampak sederhana, tetapi sebenarnya miliarder, sudah jadi rahasia umum. Penggerebekan semacam ini pun membuktikan bahwa mungkin ada lebih banyak lagi daripada yang terlihat.

Di sisi lain, bukan berarti pekerjaan mereka mudah dan banyak untung. Pedagang kaki lima kerap bekerja keras selama lebih dari 12 jam sehari. Mereka juga rutin menghadapi stigma status, kekerasan birokrasi, dan ancaman penggusuran. Mereka pun kerap dipalak uang suap oleh pihak berwenang setempat agar bisnis bisa tetap berjalan.