Kronologis 'Koboi' Jalanan Andy Wibowo yang Terancam Hukuman 9 Tahun Penjara

Sabtu, 15 Juni 2019 – 13:30 WIB

Sumber: Istimewa

Sumber: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Aksi koboi pengemudi mobil kembali dipertontonkan di jalanan Jakarta. Pengemudi yang diketahui bernama Andy Wibowo tersebut pun sudah ditangkap jajaran Polres Jakarta Pusat, Sabtu 15 Juni 2019.

Sebelumnya diberitakan, pemobil BMW bernopol B-1764-PAF menodongkan senjata api ke pengemudi mobil Panther di Jalan Alaydrus, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juni 2019.

Kejadian ini berawal saat pelaku berjalan melawan arah. Diduga, Andy melakukan aksi melanggar lalu lintas tersebut, lantaran kondisi jalan saat itu sedang macet.

Karena tak sabaran, Andi pun melajukan mobilnya untuk menerobos antrian. Namun dari arah sebaliknya, sudah ada mobil Panther yang berisikan 1 orang dewasa dan 1 anak kecil.

Karena mobilnya terhalang, Andy pun turun dari mobil sambil menenteng pistol. Dia lalu menodongkannya ke pengemudi mobil Panther.

Beruntung, aksi 'koboi' Andy direkam masyarakat dan viral. Ia pun bakal dijerat dengan Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan, Pasal 368 KUHP tentang pengancaman, dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Ancaman hukumannya pun tak main-main. Andy bakal merasakan dinginnya penjara selama sembilan tahun penjara.

Tak hanya itu, Andy bisa diduga melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Andy yang mengemudi dengan tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi terancam pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

"Iya sudah kami tangkap tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB di depan hotel di Pecenongan, Jakarta Pusat," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan di Jakarta, Sabtu 15 Januari 2019.

Pelaku diketahui bernama Andy Wibowo. Saat ini Andy masih diperiksa di Polres Jakarta Pusat. "Iya masih kami dalami keterangannya," kata dia.