Gegara Anak Buah, Panglima TNI Perintahkan Copot Jabatan Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto

Rabu, 28 Juli 2021 – 16:15 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto:Istimewa)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komandan Lanud Johanes Abraham Dimara di Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto harus rela jabatannya dicopot gegara kelakuan anak buahnya.

Seperti diketahui pencopotan ini langsung perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang meminta Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo untuk mencopot Komandan Lanud Johanes Abraham Dimara di Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto

Selain Danlanud, Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud setempat juga dicopot.

"Saya sudah memerintahkan KSAU untuk mencopot Komandan Lanud dan Komandan Sat POM AU-nya," katanya kepada wartawan, Rabu 28 Juli 2021.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan alasan pencopotan jabatan Komandan Lanud Johanes Abraham Dimara di Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto karena tidak bisa membina anggotanya.

"Tidak bisa membina anggotanya," ujar Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya diketahui dua oknum anggota Pomau Lanud Johanes Abraham Dimara di Merauke Papua melakukan kekerasan dengan menginjak kepala warga setempat.

"Kenapa tidak peka memperlakukan disabilitas seperti itu. Itu yang membuat saya marah," katanya.

Diketahui, TNI AU sudah menahan oknum prajurit berinisial Serda D dan Prada V yang melakukan kekerasan dengan menginjak kepala warga setempat.

Selain itu, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden tersebut.