5 Area Rawan Korupsi, Ini yang Dilakukan Firli Bahuri

Jumat, 30 Juli 2021 – 12:01 WIB

Ketua KPK, Firli Bahuri

Ketua KPK, Firli Bahuri

JAKARTA, REQnews - Dari sekian banyak jenis, bentuk dan rupa tindak pindana korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan akan fokus pada lima area pemberantasan korupsi.

Dijelaskannya, area yang akan menjadi fokus pemberantasan KPK antara lain sumber daya alam, korupsi lingkungan bisnis dan tata niaga, korupsi dalam praktik-praktik politik, korupsi yang terkait dengan reformasi birokrasi dan penegakan hukum, serta korupsi pada layanan publik.

"Kelima area tersebut sangat rawan terjadi praktik korupsi, kolusi dan nepotisme," kata Firli saat menjadi narasumber dalam program Peserta Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Lemhannas RI 2021, Kamis, 29 Juli 2021.

Di samping itu, lanjutnya, KPK juga fokus pada praktik-praktik korupsi yang berhubungan dengan program pemerintah. Diantaranya pembangunan SDM; pembangunan infrastruktur; penyederhanaan regulasi; penyederhanaan birokrasi; dan transformasi ekonomi.

KPK pun memonitor pelaksanaan program nasional. KPK menelaah, mengkaji, dan memberikan rekomendasi sebagai solusi perbaikan sistem. KPK, sesuai Pasal 6 UU No.19 Tahun 2019 akan melaksanakan enam tugas pokok sehingga pemerintahan bisa berlangsung tanpa kerugian akibat korupsi.

"Ada perbuatan berulang seperti telah turun temurun dari nenek moyang pelaku korupsi ke pelaku korupsi lainya, untuk meruntuhkan integritas pejabat pemerintahan dengan gratifikasi atau suap. Atau motif berulang dari oknum penguasa untuk melakukan pemerasan", Firli Bahuri.