Anggota TNI Berusia 29 Tahun Ini Dipecat dan Dipenjara 7 Bulan, karena Kasus LGBT

Rabu, 04 Agustus 2021 – 10:32 WIB

Ilustrasi LGBT (Foto:Istimewa)

Ilustrasi LGBT (Foto:Istimewa)

KALIMANTAN, REQNews – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memecat salah satu anggotanya di Kalimantan yang berusia 29 tahun karena melakukan hubungan sejenis atau LGBT.

Anggota TNI tersebut tidak hanya dipecat, tapi juga diberikan hukuman 7 bulan penjara.

Putusan Pengadilan Militer mengatakan bahwa terdakwa sudah diperingatkan atasan tentang larangan perilaku LGBT di kawasan militer, tetapi terdakwa masih tetap melakukannya.

“Terdakwa telah diperingatkan oleh atasan tentang larangan perilaku LGBT di militer, tetapi dia tetap bersikeras untuk melakukannya,” ucap putusan Pengadilan Militer, yang dikutip dari Voa Indonesia, Rabu, 4 Agustus 2021.

Ia mengatakan bahwa hubungan sejenis atau LGBT merupakan perilaku seksual yang menyimpang dan hal itu telah menodai citra militer.

Voa melansir, keputusan pemecatan tersebut menjelaskan secara eksplisit tentang hubungan romantis prajurit itu dengan prajurit yang lain yang terdaftar sebagai saksi dalam kasus itu.

Sudah beberapa kasus anggota militer yang terjalin dalam hubungan LGBT. Pada bulan Juli, seorang anggota TNI AL juga dijatuhi hukuman penjara lima bulan karena terciduk melakukan hubungan seks dengan pria lain.

Dalam data Amnesty Internasional, dikatakan terdapat 15 anggota militer atau polisi Indonesia yang telah dipecat karena melakukan hubungan LGBT tahun lalu.