IFBC Banner

Innalillahi, Kabar Duka Datang dari Habib Rizieq, Gak Jadi Bebas!

Senin, 09 Agustus 2021 – 12:55 WIB

Rizieq Shihab (Foto: Istimewa)

Rizieq Shihab (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab gagal bebas dari penjara terkait kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung. Seharusnya, Rizieq berdasarkan ketentuan vonis hakim PN Jakarta Timur ia akan bebas pada Senin 9 Agustus 2021.

IFBC Banner


Informasi tersebut disampaikan tin kuasa hukum Rizieq, yaitu Sugito Atmo Prawiro. Ia mengatakan bahwa kliennya itu masa penahanannya diperpanjang selama 30 hari. 

Sugito mengklaim telah menerima salinan keputusan tersebut dari pengadilan. "Iya diperpanjang betul 30 hari. Dengan alasan terkait proses perkara lainnya yang belum putus yakni RS ummi. Itu keputusan dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta," ujar Sugito kepada wartawan, Senin 9 Agustus 2021.

Namun, ia tak menjabarkan secara detail terkait kondisi kliennya usai keputusan perpanjangan penahanan tersebut.

Halus serupa disampaikan kuasa hukum Rizieq lainnya, Ichwan Tuankotta. "Jadi kalau perkara Petamburan dan Megamendung harusnya habib hari ini bebas. Hari ini beliau tetap ditahan. Selama 30 hari ke depan," kata Ichwan.

Diketahui, dalam kasus lainnya yaitu swab di RS Ummi, Rizieq mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur terkait vonis empat tahun penjara. Saat ini, perkara tersebut masih dalam proses.

Lalu, terkait dengan kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung dirinya telah ditahan oleh kepolisian sejak Desember 2020. Itu sesuai dengan lama vonis yang diberikan hakim yaitu delapan bulan penjara. 

Terkait itu, Rizieq telah divonis 8 bulan penjara dan banding keputusan tersebut ke Pengadilan Tinggi Jakarta.

Saat proses banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan PN Jaktim dalam kasus kerumunan Petamburan. Dalam perkara tersebut, Rizieq tetap dihukum kurungan delapan bulan.