IFBC Banner

Hotman Paris Hutapea: Kasus Richard Lee Sangat Menarik dan Baru

Kamis, 12 Agustus 2021 – 15:43 WIB

Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris Hutapea

JAKARTA, REQnews - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea turut mengomentari tentang Richard Lee yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pelanggaran UU ITE terkait akses ilegal akun media sosial Instagram. Menurut dia, kasus tersebut sangat baru dan bakal menarik.

"Kalau suatu akun udah disita, makan oknum siapapun kecuali penyidik sudah tidak boleh lagi mengakses akun tersebut. Ini menjadi kasus sangat menarik, karena ini kasus sangat baru," ujar Hotman dalam video Instagram @hotmanparisofficial, Kamis, 12 Agustus 2021.

Richard Lee, kata Hotman, kemungkinan besar akan dijatuhkan hukuman enam tahun penjara berdasarkan Pasal 30 UU ITE terkait akses ilegal akun media sosial.

"Pasal 30 UU ITE disebutkan ancaman hukumannya enam tahun penjara, illegal acces namanya itu," ucap pengacara necis itu.

Untuk informasi, Polda Metro Jaya menetapkan Richard Lee sebagai tersangka kasus UU ITE terkait akses ilegal akun media sosial Instagram yang telah disita oleh pengadilan. Penyitaan tersebut berkaitan dengan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh aktris Kartika Putri.

Dokter kecantikan itu Lee diduga telah mengakses secara ilegal akun Instagramnya yang masih dalam penyitaan penyidik untuk keperluan endorse.

"Ini terjadi illegal access dan pencurian oleh seseorang, kemudian dilakukan lidik dan sidik oleh penyidik. Berdasarkan lidik, ternyata yang lakukan illegal access dan pencurian akun di barbuk penyidik ini dilakukan sendiri oleh Richard Lee," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis, 12 Agustus 2021.