Menuai Kritik, Mobil Dinas Mewah Gubernur Sumbar Diserahkan untuk Satgas Covid

Kamis, 19 Agustus 2021 – 23:03 WIB

Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi (Foto:Istimewa)

Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi (Foto:Istimewa)

PADANG, REQNews - Sebagai bentuk respons atas reaksi publik dengan pengadaan mobil dinas baru, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi akhirnya meminta maaf kepada masyarakat dan menyerahkan mobil tersebut untuk operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumbar.

Sebelumnya Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi menuai protes karena membeli mobil dinas baru dengan merk Mitsubishi Pajero Sport.

"Mencermati isu mobil dinas kepala daerah Sumbar dalam dua hari ini, maka saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik," kata Mahyeldi, di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis 19 Agustus 2021.

Ia menjelaskan pembelian mobil dinas sudah dianggarkan sejak tahun 2020 sebelum dirinya terpilih jadi Gubernur. Penganggaran ini diusulkan oleh DPRD Sumbar dan sudah sesuai prosedur dan mekanisme di pemerintahan.

Menurutnya, mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah. Sebelum diberi fasilitas mobil dinas baru ini ia sempat dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana.

"Dalam rangka mempertegas komitmen kami untuk penanganan Covid-19 dan bukti kepedulian kami kepada masyarakat, maka saya sudah instruksikan melakukan pengalihan fungsi mobil dinas gubernur menjadi mobil operasional penanganan covid 19," ucapnya.

Mahyeldi juga meminta agar melelang segera mobil dinas yang lama, sehingga dananya bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19.

Mahyeldi menambahkan telah mendapatkan arah dari PKS terkait mobil dinas tersebut.

"Arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf al Jufri, maka untuk sementara waktu saya akan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. PKS telah mewakafkan saya untuk melayani rakyat. Jadi saya akan terus berkomitmen untuk melayani rakyat sebaik baiknya," kata dia menambahkan.

Sebelumnya diberitakan Mahyeldi diberi fasilitas mobil dinas Mitsubishi Pajero. Sedangkan wakilnya Audy Joinaldy diberi Hyundai Palisade. Untuk pengadaan dua mobil dinas ini memiliki pagu anggaran Rp 2,9 miliar.