Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Kepolisian Tegaskan Tak Pernah Ada Patroli WhatsApp

Rabu, 19 Juni 2019 – 20:30 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Polri menegaskan bahwa pihaknya tak pernah melakukan patroli siber terhadap grup-grup percakapan di WhatsApp (WA).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo berkata patroli sejenis itu tak mungkin dilakukan polisi karena tak ada tenaga dan personel, maupun teknologi yang mendukung untuk pemantauan tersebut.

"Tidak benar patroli itu, enggak mungkin juga dilakukan. Impossible, kita tidak punya teknologinya," kata Dedi di Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Selain itu, Dedi menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa melihat seluruh aktivitas masyarakat yang menggunakan WA di seluruh Indonesia di ponselnya masing-masing.

Dedi membenarkan bahwa pemerintah sebelumnya berencana memantau seluruh aktivitas di WA. Pemantauan itu ditujukam untuk menjaga keamanan negara dari penyebaran informasi yang berbahaya dan tidak benar.

Meski mendapat dukungan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Dedi menyebut rencana patroli WA tersebut tak pernah dilakukan.

“Kemarin saya sudah tanyakan ke Direktorat Siber, bahwa disampaikan patroli WA itu tidak dilakukan,” ujar Dedi.

Saat ini, menurutnya, divisi Siber Polri hanya melakukan patroli di platform media digital seperti medsos dan sejenisnya, seperti Facebook,Twitter atau Instagram. Patroli di medos, kata Dedi, demi mengikis penyebaran hoaks atau kabar bohong yang masih marak di media sosial.

Dalam patroli itu, Dedi menerangkan, tak serta merta dilakukan penindakan. Karena tim Siber Polri, juga melakukan mitigasi atau pencegahan, dan edukasi, serta pemantauan.