Usut Kasus Dugaan Gratifikasi, KPK Periksa Wakil Bupati Lampung Utara

Kamis, 26 Agustus 2021 – 14:25 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Foto: Hastina/REQnews)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Wakil Bupati Lampung Utara periode 2014-2019, Sri Widodo terkait dugaan kasus gratifikasi.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan pemriksaan tersebut akan berlangsung di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Lampung. "Sri Widodo akan diperiksa sebagai saksi," ujar Ali pada Kamis 26 Agustus 2021.

KPK juga telah menjadwalkan pemnggilan dua saksi lainnya, yaitu seorang dokter bernama Djauhari dan Direktur CV Dewa Sakti, Dicky Saputra.

Sebelumnya, lembaga antirasuahitu juga telah menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Tetapi KPK belum nengumumkan siapa saja tersangka yang terlibat dalam kasus tersebut.

Lembaga yang dipimpin Firli Bahuri itu, bakal mengumumkan tersangka bersamaan dengan upaya paksa penangkapan dan penahanan.

KPK sebelumnya juga sudah memeriksa tiga saksi terkait kasus tersebut, yakni Hendra Wijaya Saleh, Syahbudin (ASN), dan Raden Syahril.

Ali mengatakan hingga kini pihaknya masih terus bekerja mengumpulkan dan memperkuat bukti. Ia pun mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi setiap proses pekerjaan yang dilakukan oleh KPK.

"KPK pada waktunya akan menyampaikan kepada masyarakat detail konstruksi perkara, alat buktinya apa saja dan pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka beserta Pasal sangkaannya," katanya.