Taliban: Elemen Jahat di Belakang Dua Ledakan Dekat Bandara Kabul

Jumat, 27 Agustus 2021 – 00:08 WIB

Foto: New York Post

Foto: New York Post

Kabul, REQNews.com -- Abdul Qahar Balkhi, kepala Komisi Kebudayaan Taliban, mengatkan elemen mengeluarkan ancaman beberapa jam sebelum dua ledakan di dekat Bandara Kabul, Kamis 26 Agustus.

"Kami telah menerima laporan bahwa elemen jahat merencanakan serangan teror terhadap warga sipil," kata Qahar Balkhi. "Kami secara aktif melakukan segala kemungkinan mencegah serangan itu terjadi."

Para pejabat, menurutnya, juga telah memperingatkan potensi ancaman keamanan yang kemungkinan berasal dari ISIS Afghanistan.

Serangan terjadi ketika AS dan negara-negara Barat sibuk mengevakuasi warganya, serta warga Afghanistan yang membantu pasukan pendudukan selama 20 tahun.

Mengenai adanya larangan bagi warga Afghanistan pergi ke luar negeri, Qahar Balkhi mengatakan tidak seroang pun yang memiliki dokumen keberangkatan dilarang memasuki Bandara Kabul.

"Setiap oarng dengan dokumen sah akan dapat melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri," katanya. "Semua orang, termasuk warga Afghanistan dengan dokumen perjalanan, dapat pergi."

Namun, masih menurut Qahar Balkhi, Taliban percaya setiap orang Afghanistan harus tetap berada di negeri sendiri dan melayani masyarakatnya.

"Mereka memiliki ketrampilan yang dapat digunakan membangun Afghanistan pasca perang," katanya.