Diiming-imingi Jadi Penjaga Balita, 7 Wanita Ini Malah Dijadikan PSK

Senin, 11 Februari 2019 – 07:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews – 7 Wanita di Indramayu, yang dijanjikan akan dipekerjakan menjadi penjaga bayi, malah dijual ke mucikari dan dijadikan Pekerja Seks Komersil (PSK).

Upaya perdagangan manusia berkedok penyaluran tenaga kerja digagalkan Satreskrim Polres Indramayu. Seorang tersangka diamankan di kediamannya bersama seorang korban, sementara tiga tersangka lainnya berhasil ditangkap ketika hendak menjual korban ke mucikari.

“Kita mendapatkan laporan dari masyarakat, adanya penyekapan seorang wanita, ketika petugas datang ke rumah tersangka, dia tidak mengaku, namun setelah digeledah petugas menemukan korban di kamarnya dalam keadaan takut. Kita kembangkan kasus ini teryata masih ada tiga tersangka lainnya yang juga berhasil diamankan,”ujar Kasat Reskrim Polres Indramayu AKP Suseno Adi Wibowo, seperti disiarkan kompas tv, Minggu (10/2/2019).

Pelaku mengiming-imingi korban untuk bekerja sebagai penjaga bayi di Jakarta, Bandung. Namun bukan pekerjaan yang didapat seperti dijanjikan pelaku, korban malah dipekerjakan sebagai terapis pijat plus-plus dan ada juga sebagian yang dijual ke mucikari.

Rata-rata korban berusia 15-20 tahun, karena itu pelaku memalsukan data korban dengan membuat surat kependudukan dan izin bekerja dari orangtua palsu.

Kini, empat tersangka mendekam di sel tahanan Polres Indramayu untuk menjalani proses hukum. Mereka akan dijerat Pasal 2, Pasal 6, dan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. (nls)