IFBC Banner

Taliban Bentuk Pemerintahan, Tunjuk Buronan Internasional Jadi Menteri

Selasa, 07 September 2021 – 22:24 WIB

Foto: Russia Today

Foto: Russia Today

Kabul, REQNews.com -- Taliban, Selasa 7 September, mengumumkan susunan pemerintahan, dengan beberapa nama di posisi menteri adalah orang-orang paling dicari AS dengan hadiah jutaan dolar.

Mullah Muhammad Hassan Akhund, salah satu pendiri dan kepala dewan kepemimpinan Taliban, ditunjuk sebagai perdana menteri. Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin de-facto Taliban, menjadi wakil perdana menteri.

Sirajudin Haqqani ditunjuk sebagai menteri dalam negeri. AS menempatkan Sirajudin Haqqani, pemimpin Jaringan Haqqani, sebagai teroris internasional dan FBI menawarkan hadiah 5 juta dolar untuk informasi yang mengarah ke penangkapannya.

Jaringan Haqqani adalah faksi terkuat di tubuh Taliban, dengan jejaknya terdapat di ISIS-Khorasan -- musuh bebuyutan Taliban.

Haqqani dicat menyusul serangan 2008 di terhadap sebuah hotel di Kabul, yang menewaskan enam orang. Satu korban adalah warga AS.

Ia juga diduga berpartisipasi dalam serangan lintas batas terhadap pasukan AS dan koalisi di Afghanistan. Ia juga disebut-sebut merencanakan pembunuhan presiden Afghanistan Hamid Karzai tahun 2008.

Mullah Yacoob, putra pendiri Taliban Mohammad Mullah Omar, menjadi menteri pertahanan. Terlepas dari latar belakang keluarga, Mullah Yaqoob dinilai lebih moderat menurut standar Taliban.

Ia mendukung negosiasi untuk mengakhiri konflik 20 tahun Afghanistan.