Jaksa Agung Dapat Gelar Profesor dari Unsoed, Mahasiswa Murka Besar!

Minggu, 12 September 2021 – 05:04 WIB

Ratusan mahasiswa Unsoed menolak pemberian gelar Profesor Hukum untuk Jaksa Agung ST Burhanuddin

Ratusan mahasiswa Unsoed menolak pemberian gelar Profesor Hukum untuk Jaksa Agung ST Burhanuddin

JAKARTA, REQnews - Ratusan mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) turun ke jalan menggelar aksi protes atas pemberian gelar Profesor Hukum oleh kampus mereka kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Pemberian gelar ini berlangsung pada Jumat 10 September 2021. Kedatangan ST Burhanuddin disambut suara-suara lantang mahasiswa.

Rombongan mahasiswa ini sempat dicegat oleh aparat, dan terjadi adu mulut karena mereka tak diperbolehkan mendekati Graha Widyatama, gedung lokasi pengukuhan gelar untuk Burhanuddin.

Padahal, mahasiswa sudah menegaskan bahwa tak ada upaya untuk menggagalkan pengukuhan gelar itu, namun aparat sudah bertindak kelewatan.

Untuk Jaksa Agung, para mahasiswa menyebutnya sebagai sosok yang abai dan tidak mau mengakui pelanggaran HAM berat pada peristiwa Semanggi I dan Semanggi II.

Mengutip postingan akun Instagram @bangsamahasiswa, ST Burhanuddin juga diminta untuk segera menuntaskan semua pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu, yang sudah terlalu lama diabaikan negara.

Dalam aksi tersebut mahasiswa Unsoed membawa beberapa tuntutan, di antaranya:

1. Membuktikan adanya kemauan (willingness) dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.

2. Menindaklanjuti laporan pelanggaran HAM berat dari Komnas HAM.

3. Mempertimbangkan untuk menerima rekomendasi pemberian kewenangan penyidikan, penyelidikan, dan penuntutan secara penuh kepada Komnas HAM dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.