Krisdayanti Ungkap Gaji Jadi Anggota DPR, Nominalnya Bikin Melongo

Rabu, 15 September 2021 – 09:00 WIB

Krisdayanti (Foto: Istimewa)

Krisdayanti (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Krisdayanti mengungkapkan besaran gaji dan tunjangan yang diterimanya sebagai anggota DPR RI. Nominalnya, selama sebulan mencapai ratusan juta.

Melalui channel YouTube Akbar Faizal, penyanyi yang duduk di Komisi IX di DPR yang menangani bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan kependudukan, ini mengaku tak hanya sekali menerima gaji perbulannya.

"Setiap tanggal 1 Rp 16 juta. Tanggal 5 Rp 59 juta ya kalau tidak salah," ujar Krisdayanti.

 

Selain gaji pokok dan tunjangan, Krisdayanti juga mengaku mendapatkan dana aspirasi yang mencapai ratusan juta. 

"Itu memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Dana aspirasi itu Rp 450 juta, lima kali dalam setahun. Kami juga harus menyerap aspirasi di 20 titik, itu kehadiran kita. Mohon maaf kepada senior saya ini saya upayakan semaksimal mungkin. Saya akan tergetar hati saya kalau tidak menyampaikan nilai-nilai kemasyarakatan Rp 140 juta, itu 8 kali setahun," ucapnya.

"Itu sudah sangat simpel. Sembako dan lainnya harus dikucurkan seperti air. Kehadiran kami (anggota DPR) sangat dibutuhkan," kata Krisdayanti.

Bukan hanya Krisdayanti, harta kekayaan sejumlah artis yang jadi anggota DPR RI juga fantastis.

Melansir dari situs resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), elhkpn.kpk.go.id, Farhan mencatatkan harta Rp 9,1 miliar pada tahun yang sama. Arzeti Bilbina melaporkan harta pada 2018 sebesar Rp 868 juta, sementara Rieke Diah Pitaloka memiliki harta Rp 11 miliar yang dilaporkan pada Desember 2020. Primus Yustisio mencatatkan harta pada 2018 sebesar Rp 73 miliar, dan Desi Ratnasari yang mencatatkan harta sebesar Rp 10,8 miliar pada Desember 2020.

Sementara Rachel Maryam tertulis memiliki harta Rp 5 miliar pada 2020.