Refly Harun Sebut Kapasitas Anies Baswedan Jauh Dibandingkan Presiden Jokowi

Rabu, 15 September 2021 – 11:05 WIB

Refly Harun

Refly Harun

JAKARTA, REQnews - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun membandingkan kualitas Presiden Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut dia, jika mengacu pada riwayat pendidikan, kapasitas Anies jauh lebih baik dari Jokowi.

Refly secara tak langsung mengatakan, Anies merupakan sosok yang peduli terhadap pendidikan. Itulah mengapa, secara keilmuan, kualitas mantan Menteri Pendidikan RI tersebut tak perlu diragukan lagi.

“Secara personal, kapastitas Anies jauh dibandingkan Presiden Jokowi. Secara personal ya saya katakan. Karena Anies punya bekal pendidikan yang sangat baik,” ujar Refly dikutip dari Channel YouTube Refly Harun, Rabu, 15 September 2021.

Refly menceritakan perjalanan panjang Anies di dunia pendidikan. Mulai dari mendapat gelar sarjana di UGM Yogyakarta, sampai diberikan gelar PhD di Amerika Serikat. Kenyataan tersebut tentu lebih baik dibandingkan Jokowi.

“Dia, PhD dari Ohio University Amerika Serikat. S1-nya dari UGM sama dengan Jokowi, tapi dia S2 dan S3 di Amerika Serikat,” ucapnya.

Bukan hanya pendidikan, pengalaman Anies Baswedan di bidang politik nasional juga terbilang lumayan. Bahkan, menurut Refly, dengan modal sekarang, Anies sudah pantas ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Dia juga pernah menjadi rektor, pernah menjadi Menteri Pendidikan dan dia juga sekarang menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jadi pengalamannya lumayanlah kalau dibandingkan dengan Presiden Jokowi menjelang Pilpres,” ujarnya.

Menurut Refly, saat maju di Pilpres 2014, Jokowi punya pengalaman yang minim. Hanya menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta dengan waktu yang singkat.

“Kalau Presiden Jokowi menjelang Pilpres, pengalamannya ya jadi Wali Kota Solo satu periode lebih sedikit. Menjadi Gubernur DKI juga satu dua tahun. Sehingga kalau dari sisi pengalaman, ya jauh lebih baik Anies Baswedan kalau dilihat kondisi saat ini. Kondisi saat ini sekali lagi,” kata Refly.

Meski demikian, kata Refly, komparasi pengalaman itu hanya dibandingkan dengan Presiden Jokowi saat awal-awal maju di Pilpres 2014.

“Jadi kita membandingkan Presiden Jokowi 2014, dengan kondisi Anies yang diperkirakan Capres 2024. Jadi ya jauh lebih baik Anies, kalau kita mau membandingkannya,” ujarnya.