Antisipasi Insiden, Kalapas hingga Napi Narkotika Jakarta Ikut Pelatihan Penanganan Kebakaran

Rabu, 15 September 2021 – 10:10 WIB

Pelatihan penanganan kebakaran di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. (Foto: Istimewa)

Pelatihan penanganan kebakaran di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta beserta Petugas dan Narapidana ikuti pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan langkah pertama penanggulangan terjadinya kebakaran, Selasa, 14 September 2021.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama pihak Lapas dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan.

Dalam Sambutannya, Kepala Lapas Narkotika Jakarta , Bambang Wijanarko menyampaika bahwa kegiatan ini sebagai deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan oleh bencana, seperti kebakaran. Ia juga berharap ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi peserta pelatihan.

"Dengan ini, apabila terjadi kebakaran kita bisa mengatasi. Meski tidak sesederhana yang kita bayangkan, timbalah ilmu sebanyak-banyaknya untuk kepentingan kita bersama," pesannya.

Pada sesi materi, Nur Hidayat selaku Analis Pendidikan dan Pelatihan Pusdiklat Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta beserta Ahmad Fauzi selaku petugas damkar menyampaikan teori sekaligus praktik penanganan pertama pada kebakaran api menggunakan alat-alat sederhana, seperti kain goni basah hingga APAR.

"Saya mewakili petugas dan WBP menghaturkan terima kasih atas ilmu yang diberikan para pemateri," ujar Bambang.