Jadi Tersangka dalam Kasus Ledakan Dahsyat Bom Ikan, Ini Peran Adik Ipar Gofar

Rabu, 15 September 2021 – 16:03 WIB

Ilustrasi bom (Foto: Istimewa)

Ilustrasi bom (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Empat orang ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ledakan bom ikan yang menewaskan dua orang di Gondang Wetan, Pasuruan beberapa waktu lalu.

 

Mereka yakni Gofar dan Mat Sidiq meninggal dunia saat kejadian, dan dua tersangka baru yakni IF istri Gofar dan adik ipar gofar inisial IR. Diduga kuat, adik dan kakak kandung ini terlibat langsung dalam pembuatan bom ikan dan mengetahui bahan peledak.

Sementara, dari keterangan tersangka IR, dirinya berperan membantu memasukkan bahan peledak ke dalam detonator. Ia mengaku diberi upah oleh Mat Sidiq sebesar Rp 300 ribu setiap minggunya.

"Saya membantu memasukkan bahan peledak dan tahu kalau itu bom ikan," kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, Rabu 15 September 2021. 

Bisnis bom ikan ini sudah berlangsung selama setahun lebih dan perbulan mengirim bom ikan dikalangan nelayan setempat. Saat kejadian IR posisinya di dalam rumah yang ambruk, dan beruntung selamat. 

Sebelumnya, polisi menetapkan 2 tersangka masing-masing Gofar meninggal di Puskesmas setempat dan Sidiq mengembuskan napas terakhir di lokasi kejadian. 

Sementara itu, dari hasil Labfor cabang Surabaya ledakan ini termasuk jenis high explosive karena unsur bom yakni TNT.

"Kita tetapkan empat tersangka dengan peran masing-masing," ucapnya.