Bupati Badung Viral Usai Unggah Owa Siamalang di Media Sosial, BKSDA: Itu Pasti Ilegal

Rabu, 15 September 2021 – 21:33 WIB

Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta peliharaOwa Siamalang (Foto:Instagram)

Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta peliharaOwa Siamalang (Foto:Instagram)

BALI, REQNews - Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta mengunggah aktivitasnya saat santai bersama hewan peliharaannya di akun istagramnya @giri.prasta, tak disangka unggahan viral dan menuai reaksi netizen, pasalnya sang Bupati memelihara hewan dilindungi, Owa Siamalang.

Ramainya terkait persoalan tersebut, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bali hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait asal usul satwa lindung owa siamang yang sempat dipelihara Bupati Badung tersebut.

Kepala BKSDA Bali, R Agus Budi Santosa memastikan owa tersebut didapat secara ilegal, lantaran hewan tersebut termasuk dalam binatang yang dilindungi.

"Kalau saya boleh bilang itu pasti ilegal," kata Agus saat ditemui di Kantor BKSDA Bali, Denpasar, Rabu 15 September 2021.

Namun Agus, kita tidak bisa pastikan apakah itu dari luar Bali atau memang sudah lahir di Bali.

Dia juga belum menanyakan kepada Giri Prasta, apakah owa siamang itu diberi orang atau diperoleh dengan cara membeli.

"Belum kita belum bicara ke arah sana dulu. Beliau tadi juga ada agenda di tempat lain, jadi kita belum bicarakan hal itu," katanya.

Agus menjabarkan, setiap hewan yang dibawa ke bali pasti melalui perizinan BKSDA. Pihaknya juga masih menyelidiki apakah hewan itu dibawa dari luar Bali atau tidak.

"Saya hari ini, akan fokus pada penyelamatannya dulu tapi langkah-langkahnya sudah kita lakukan. Ada beberapa hal yang belum bisa sampaikan hari ini," ujar Agus.