Percepat Vaksinasi Warga, Filipina Gunakan Vaksin Dosis Tunggal Sputnik V

Jumat, 17 September 2021 – 16:41 WIB

Foto: Philippines Star

Foto: Philippines Star

Manila, REQNews.com -- Filipina akan menerima satu juta dosis vaksin Covid-19 Sputnik V Light sekali suntik bulan ini, sebagai upaya mempercepat vaksinasi warga.

"Sputnik V Light lebih efisien. Dapat melindungi banyak orang lebih cepat," kata Carlito Galvez Jr, pakar vaksin Filipina, kepada Philippines Star. "Vaksin ini menghilangkan masalah setiap orang tidak kembali untuk dosis kedua."

Gamaleya Research Institut, produsen Sputnik V, akan mengirim pesanan Filipina bulan ini. Filipina juga akan menerima 190 ribu vaksin Sputnik V dua dosis, untuk warga yang membutuhkan suntikan kedua.

Berbeda dengan vaksin lain, dua dosis Sputnik V bisa diberikan dengan rentang waktu enam bulan. Jadi, menurut Galvez Jr, penerima vaksin Sputnik V dua dosis tidak perlu terburu-buru mengejar suntikan kedua.

Filipina telah menerima 57,5 juta dosis vaksin dari berbagai sumber, termasuk fasilitas COVAX. Sejak Maret 2021, 17,6 juta orang menyelesaikan vaksinasi, sebanyak 22,3 juta telah menerima perlindungan parsial.