Sentul City Gagal Gusur Rumah Rocky Gerung, Refly Harun: Apa yang Dipikirkan Ali Mochtar Ngabalin?

Minggu, 19 September 2021 – 14:29 WIB

 Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun. (Foto: Istimewa)

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan, Sentul City gagal menggusur rumah Pengamat Politik Rocky Gerung di Desa Bojongkoneng, Babakanmadang, Kabupaten Bogor lantaran tidak matangnya dalam memperhitungkan proses penggusuran.

"Saya tidak tahu, apakah perhitungan Sentul City ini, akurat atau tidak. Atau mungkin juga terlalu percaya diri, sehingga mau main gusur begitu saja terhadap tanah yang sudah dikuasai Rocky Gerung," ucap Refly di Channel YouTube Refly Harun, Sabtu, 18 September 2021.

Refly Harun mengatakan, menurut keterangan Kuasa Hukum Rocky Gerung, Haris Azhar lahan tersebut adalah milik penggarap yang sudah digarap sejak tahun 1960.

"Jadi kalau sudah puluhan tahun, mestinya negara memberikan hak kepada pemerintah daerah. Nah ini yang rupayanya sedang digeruduk juga oleh aktivis ke Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)," ujar Refly Harun.

Pasalnya, menurut Refly Harun, mereka mencurigai bahwa ada kongkalingkong dengan pemerintah daerah terhadap perizinan atau perolehan hak guna bangunan (HGB) Sentul City.

"Jadi ini malah backfire ke Sentul City, jadi masih jauh dengan apa yang dipikirkan Ali Ngabalin, bahwa Rocky akan masuk penjara dan para kadrun akan menyambanginya di penjara, haha.." ucap Refly Harun.

Menurut Refly Harun, konflik antara Rocky Gerung dengan Sentul City itu adalah masalah keperdataan, bukan masalah pidana.

"Membuktikan siapa sesungguhnya yang lebih berhak atas bidang tanah yang ditempati Rocky Gerung. Eh tiba-tiba main belok ke masalah pidana, ya bisa main pidana bisa tapi kan negara ini harus mempraktekan penegakan hukum secara adil," ujar dia.

Untuk informasi, Rocky Gerung mengaku lega kediamannya sudah tak lagi diteror oleh buldoser setelah opini publik terbentuk seolah Sentul City akan menggusur kediamannya.

Konflik atau sengketa Rocky Gerung ini ramai diperbincangkan sejak sepekan terakhir, dikarenakan Sentul City merasa paling berhak atas tanah yang ditempati Rocky Gerung di Desa Bojongkoneng, Bababaknmadang, Kabupaten Bogor.

Sentul City mengaku memiliki bukti sertifikat HGB sejak 1994, sedangkan Rocky Gerung sendiri membeli lahan seluas 800 meter yang diklaim Sentut City itu dari hasil yang legal yaitu membeli dari seorang penggarap pada 2009.