Sosok Pratu Ida Bagus, Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Saat Evakuasi Jasad Gabriella Meilani

Rabu, 22 September 2021 – 07:30 WIB

Sosok Pratu Ida Bagus Putu S yang tewas ditembak KKB Papua. (Foto: Istimewa)

Sosok Pratu Ida Bagus Putu S yang tewas ditembak KKB Papua. (Foto: Istimewa)

PAPUA, REQnews - Satu lagi prajurit TNI gugur di tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kali ini, seorang prajurit muda bernama Pratu Ida Bagus Putu S meninggal dunia usai tertembak saat terjadi baku tembak dengan KKB Papua di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Selasa pagi, 21 September 2021.

Menurut informasi yang beredar, Pratu Ida Bagus tertembak saat mengevakuasi jasad perawat Gabriella Meilani yang terperosok ke jurang saat berusaha menghindari serangan KKB.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Kristian Irreuw menjelaskan bahwa Pratu Ida Bagus meninggal saat baku tembak dengan kelompok separatis pimpinan Lamek Taplo.

"Jenazah korban (Pratu Ida Bagus, -red) sudah dievakuasi bersama jenazah nakes Gabriela Meilan dengan menggunakan helikopter milik Penerbad," kata Letkol Kristian, dikutip Rabu, 22 September 2021.

Helikopter kemudian mendarat di lapangan Makodam XVII Cenderawasih. Jenazah Pratu Ida Bagus Putu dibawa ke RS Marthen Indey Jayapura.

Jenazah Gabriela Meilani, kata Kristian, juga dibawa ke RS Marthen Indey untuk diautopsi sebelum diserahkan ke keluarga.