IFBC Banner

Anak di Bawah 12 Tahun Belum Aman Masuk Mal, IDAI Jelaskan Alasannya

Rabu, 22 September 2021 – 15:45 WIB

Suasana Mal (Foto: Istimewa)

Suasana Mal (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menegaskan bahwa anak usia di bawah 12 tahun belum aman masuk ke pusat perbelanjaan atau mal selama pandemi Covid-19, karena belum mendapatkan vaksinasi.

IFBC Banner


"Kalau ditanya aman (anak masuk mal), ya belum. Karena aplikasi PeduliLindungi saja beberapa kali aplikasinya hang. Apalagi di bawah 12 tahun ini tanpa aplikasi, jelas dia belum divaksinasi," kata Aman dalam diskusi yang disiarkan Instagram resmi IDAI, Rabu 22 September 2021.

Ia menyebut bahwa ruang publik seperti mal belum aman bagi anak-anak. Karena, masih banyak orang dewasa positif Covid-19 yang berkeliaran.

"Ternyata banyak juga orang dewasa karena alasan tertentu belum divaksin, jadi berarti dia bisa masuk ke mal nantinya dengan berbagai cara," ujarnya.

Aman menilai jika pelonggaran aktivitas masyarakat terkait anak diperbolehkan masuk ke mal merupakan desakan pelaku ekonomi.

Menurutnya, desakan tersebut dilakukan karena pusat perbelanjaan sepi tanpa anak-anak. "Makanya yang di bawah 12 tahun ini harus segera diimunisasi," katanya.

Diketahui, sebelumnya pemerintah memperluas uji coba protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan selama perpanjangan PPKM di Jawa-Bali.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 diatur bahwa penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan atau mal.

Kecuali di Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Yogyakarta dan Kota Surabaya, namun dengan syarat anak-anak tetap didampingi orang tua.

Selain itu, pusat perbelanjaan atau mal boleh beroperasi sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Seluruh kegiatan yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan diatur oleh Kementerian Perdagangan.

Pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Itu dilakukan untuk skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan.

Sementara tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan atau mal masih ditutup.