IFBC Banner

Kecam Pembakaran Mimbar Masjid di Makassar, JK Desak Polisi Ungkap Motif Pelaku

Sabtu, 25 September 2021 – 15:32 WIB

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

SULAWESI SELATAN, REQnews - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengecam tindakan pembakaran mimbar masjid di Makassar, Sulawesi Selatan.

Jusuf Kalla pun menghimbau kepada warga Makassar dan daerah lainnya di Indonesia tidak terprovokasi atas tindakan pembakaran tersebut.

Ia mengatakan agar kasus tersebut diserahkan penuh kepada jajaran kepolisian untuk mengungkap pelaku beserta motifinya.

"Saya berharap kepada masyarakat terutama umat islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut," kata JK lewat keterangan tulisnya, Sabtu 25 September 2021.

Ia pun meminta kepada pihak kepolisan agar segera menangkap pelaku serta motif di balik tindakannya tersebut. "Saya yakin dan percaya, aparat kepolisian segera menangkap pelaku serta mengungkap motifnya," katanya.

Dirinya kemudian menyampaikan rasa prihatin atas sejumlah kasus kekerasan yang menimpa ulama atau tokoh agama belakangan ini. "Semoga aparat kepolisian bersama sama masyarakat dapat mencegah terjadinya kasus kasus seperti di masa yang akan datang," ujarnya.

Sebelumnya, mimbar Masjid Raya Makassar yang terletak di area Kecamatan Bontoala, Makassar dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), pada Sabtu 25 September 2021, sekitar pukul 01.00 Wita dini hari.

Informasi itu pun dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan. "Iya benar dibakar," ujar Zulpan kepada wartawan, Sabtu 25 September 2021.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihak kepolisian sudah melakukan olah TKP dan tengah memburu pelaku pembakaran. Polisi menyebut ada saksi mata saat terduga pelaku datang ke lokasi.

"Yang bisa saya sampaikan memang mimbar masjid raya dibakar kemudian kejadiannya itu dini hari, sekitar pukul 01.00 Wita. Lalu ada saksi mata yang lihat orang ini datang membakar mimbar," kata dia.

Zulpan mengatakan bahwa terduga pelaku berhasil melarikan diri. "Api dipadamkan sekitar 01.40 Wita namun pelakunya melarikan diri," lanjutnya.

Namun, ia tak menjelaskan lebih lenjut terkait dengan ciri-ciri terduga pelaku pembakaran dan dampak kerusakan mimbar masjid. "Belum, belum bisa, nanti ya (dijelaskan ciri-ciri pelaku)," ujarnya.

Dirinya pun memastikan bahwa pihak kepolisian saat ini tengah melakukan penyelidikan dan mengejar pelaku. "Sekarang pihak kepolisian dalam hal ini Polrestabes Makassar menyelidiki, kita kabari lagi perkembangannya," kata dia.