Komunis di Indonesia Diyakini Masyarakat Bangkit Lagi

Kamis, 30 September 2021 – 21:01 WIB

Dokumen istimewa

Dokumen istimewa

JAKARTA, REQnews - Meski beberapa kalangan berkali-kali menegaskan bahwa tak ada lagi paham komunis di Indonesia, namun tidak demikian dengan apa yang dikhawatirkan mayoritas masyarakat Indonesia.

Melalui survei yang dirilis lembaga survei Median, terungkap bahwa mayoritas masyarakat Indonesia percaya, paham yang dahulu pernah dibesarkan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) akan bangkit lagi.

Dalam survei yang dirilis lembaga survei Median, tercatat sebanyak 46,4 persen masyarakat Indonesia masih percaya komunis akan bangkit lagi.

"Angka tersebut terbagi dua, percaya 28,5 persen, dan responden mengaku sangat percaya kebangkitan komunisme 17,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam rilis survei bertema "Persepsi Publik Atas Isu Komunisme dan Reshuffle Kabinet", Kamis 30 September 2021.

Sementara yang tidak percaya kebangkitan komunis jumlahnya sebanyak 45 persen. Rinciannya, 31,5 persen mengaku tidak percaya dan mengaku sangat tidak percaya 13,5 persen. "Sementara ada 8,6 persen responden lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab," pungkasnya.

Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.