Klaim Miliki Bukti Rasisme, Natalius Pigai Ancam Laporkan Sejumlah Tokoh dan Pejabat

Selasa, 05 Oktober 2021 – 19:31 WIB

Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai

Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai

JAKARTA, REQnews - Eks Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, dilaporkan ke Bareskrim Polri sebagai buntut dari cuitannya yang diduga berisi pesan rasialisme ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun tiba-tiba, Natalius Pigai mengancam akan melaporkan sejumlah tokoh dan pejabat, antara lain Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Sosial Tri Rismaharani (Risma), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono.

Dia menyatakan, mereka sebagai pelaku rasis ke warga Papua. Pigai mengklaim memiliki bukti dugaan rasisme tersebut. "Saya akan melaporkan tokoh-tokoh nasional: Sri Sultan, Risma, LBP, Hendro, dan kawan-kawan sebagai pelaku rasis kepada rakyat Papua dengan bukti otentik kepada polisi," ujar Pigai, Selasa 5 Oktober 2021.

Menurutnya, rakyat Papua, lebih umum lagi Indonesia dan dunia, akan melihat kinerja polisi dalam laporan yang dia hendak buat. Pigai menyampaikan harapan agar polisi adil. "Tinggal kami rakyat Papua dan rakyat Indonesia serta dunia akan menyaksikan polisi bertindak adil atau tidak. Kita harap kepolisian akan profesional dan adil melihatnya," katanya.