Cina Gertak Taiwan, Kapal Induk AS, Inggris dan Jepang Gelar Latihan Bersama

Selasa, 05 Oktober 2021 – 23:59 WIB

Foto: Twitter Commander UK Carrier Strike Group

Foto: Twitter Commander UK Carrier Strike Group

Tokyo, REQNews.com -- Tiga kapal induk AS dan Inggris, plus satu kapal induk helikopter Jepang, menggelar latihan bersama di utara Taiwan selama akhir pekan seraya menyaksikan 93 jet tempur dan pembom Cina mendekati zona identifikasi pertahanan (ADIZ) Taiwan.

Sejak Jumat 1 Oktober, pada peringatan hari nasional Cina, 38 jet tempur dan pembom Cina mendekati ADIZ Taiwan. Hari berikutnya jumlah jet tempur dan pembom Cina bertambah dan bertambah.

Terakhir, Selasa 5 Oktober, Cina menerbangkan 56 jet tempur dan pembom mendekati ADIZ Taiwan yang membuat Selat Taiwan memanas. Beijing sedang menggertak Partai Demokratik Progresif (DPP) yang berkuasa, dan negara-negara pendukungnya, agar tidak memisahkan Taiwan dari Cina.

AS menanggapi situasi. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengeluarkan pernyataan bahwa Washington sangat prihatin atas tindakan provokatif Cina di Selat Taiwan. Menurutnya, aktivitas Cina mengganggu stabilitas dan berisiko salah perhitungan, merusak perdamaian dan stabilitas regional.

Pada 4 Oktober, pasukan bela diri Jepang (JMSDF) mengumumkan bawa kapal induk USS Ronald Reagan (CVN-76) USS Carl Vinson (CVN-70), dan HMS Queen Elizabeth (R08), serta pengangkut helikopter JS Ise (DDH-182) terlibat dalam latihan di lepas pantai barat daya Okinawa.

Taiwan News memberitakan yang juga ambil bagian dalam latihan adalah kapal perang AL Kerajaan Belanda, AL Kanada, dan AL Selandia Baru. Total jumlah kapal yang terlibat adalah 17 dari enam negara.

Menurut JMSDF, tujuan latihan adalah meningkatkan ketrampilan taktis pasukan bela diri maritim dan memperkuat kerja sama angkatan laut yang berpartisipasi.

Sankei Shimbun, surat kabar nasionalis Jepang, blak-blakan menulis tujuan latihan militer itu adalah menahan Cina yang secara aktif berupaya memperluas operasi di perairan sekitarnya.

Pada hari yang sama kapal induk serang Inggris (CSG21) yang dipimpin HMS Queen Elizabeth mengumumkan di Twitter telah melewati Pulau Luzon di Filipina dalam perjalanan ke Singapura, untuk menggelar latihan bersama.

Frigate CSG21 HMS Richmond (F239) mengikuti latihan dengan fregat AL Vietnam Dihn Tien Hoang (HQ-011) sebelum menuju ke Singapura.