Drone Liar Dekat Jokowi saat Pembukaan PON 'Ditembak' Paspampres, Videonya Viral

Rabu, 06 Oktober 2021 – 11:03 WIB

Dokumen istimewa

Dokumen istimewa

PAPUA, REQnews - Sambil memegang alat pelumpuh drone berwarna hitam mirip seperti pistol berukuran besar, seorang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat 'menembaki' drone liar dalam acara pembukaan PON XX Papua.

Melansir dari unggahan di Instagram @indonesia_army88, membagikan video yang merekam aksi seorang anggota Paspampres yang tengah melumpuhkan drone-drone liar di sekitar lokasi pembukaan PON XX Papua. Benda berwarna hitam mirip seperti pistol berukuran besar tersebut ternyata berfungsi untuk melumpuhkan sinyal drone liar.

Aksi Paspampres itu terekam video yang kemudian beredar di media sosial dan viral. Dalam video itu, anggota Paspampres tersebut terlihat berdiri sambil mengamati langit-langit di sekitar lokasi keberadaan Presiden Joko Widodo.

"Jadi saat pembukaan #PONXXPapua2021 kemarin, ada personel Paspampres yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone. Ada lebih dari 15 drone liar yang dilumpuhkan," tulis keterangan unggahan itu.

Aksi melumpuhkan drone liar yang dilakukan oleh anggota Paspampres tersebut tentu sesuai dengan peraturan yang ada. Melansir Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018, penghentian pengoperasian dalam bentuk menjatuhkan pada area yang aman, termasuk dalam pengenaan sanksi, salah satunya disebabkan tidak memiliki persetujuan atau beroperasi tidak sesuai dengan persetujuan yang diberikan.

Setelah video tersebut dibagikan, unggahan itupun langsung viral di media sosial. Sebab, banyak orang mengaku baru pernah melihat alat pelumpuh drone bernama Jammer itu.

"Baru tau aku, thx infonya," kata @batamfood***

"Om mimiiiin aku juga baru tau deh... kalo ga dikasih tau om mimin aku juga pasti kudet," kata @lingling***

"Kalau gak salah banyak kasus di gudang peluru bekasi, drone terbang melewati area militer dan mau gak mau dijammer," tulis akun @her3***

"Emang gitu kalo drone liar apalagi di kawasan yang rawan ada orang penting atau tempat tertentu, Kalau drone yang sudah terdaftar pasti aman, didampingi pula oleh personel Paspampres," kata akun @kamto_***

Alat pelumpuh drone yang digunakan oleh Paspampres dalam PON XX Papua merupakan salah satu jenis alat penangkap drone yang ada di dunia.

Salah satunya yang paling populer yaitu drone gun tactical jammer. Jenis ini mengadopsi model man portable. Jenis tersebut menyerang jalur komunikasi dan kendali drone lewat frekuensi.

Untuk menggunakannya pun relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat dilakukan diinvestigasi.