Viral! Gegara 'Tulalit' Soal Penjemputan, Atlet Peraih Emas Pertama NTT Malah Dijemput Mobil Pikap

Kamis, 07 Oktober 2021 – 11:31 WIB

Susanti Ndapataka, atlet cabor muaythai peraih medali emas pertama di PON XX Papua untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama pelatihnya, Angga Silitonga, saat dijemput di Bandara El Tari Kupang

Susanti Ndapataka, atlet cabor muaythai peraih medali emas pertama di PON XX Papua untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama pelatihnya, Angga Silitonga, saat dijemput di Bandara El Tari Kupang

JAKARTA, REQnews - Nasib apes menimpa Susanti Ndapataka, atlet cabor muaythai peraih medali emas pertama di PON XX Papua untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Maksud hati ingin memberikan sambutan meriah untuk merayakan kemenangan Susanti bersama-sama masyarakat dengan berkeliling menggunakan kendaraan terbuka layaknya pahlawan olahraga, tapi apa daya kendaraan yang datang menjemput malah mobil pikap.

Peristiwa lucu sekaligus mengesalkan ini menjadi viral di media sosial. Berdasarkan gambar dan video yang beredar, Rabu 6 Oktober 2021, tampak Susanti mengenakan jaket bergaris kuning dan biru duduk di dasar bak pikap berwarna hitam yang terlihat usang. Saat dijemput di Bandara El Tari Kupang, Susanti didampingi pelatihnya.

Menurut pelatih Susanti, Angga Silitonga, kejadian ini dipicu adanya miskomunikasi soal penjemputan. Dia menyebut meminta sebuah kendaraan terbuka, dengan harapan warga bisa merayakan kemenangan Susanti bersama-sama. Namun sayang, bayangan soal mobil terbuka berbeda yang apa yang dikirimkan kepadanya.

"Kalau masalah pikap memang kemarin tawarannya mau oto tertutup atau oto terbuka. Tapi lebih baik oto terbuka, supaya masyarakat bisa melihat. Cuma permasalahannya kita tidak membayangkan yang datang pikap seperti itu," kata Angga.

Awalnya, Susanti disebut tidak menginginkan ada penjemputan terhadap dirinya. Namun, Angga meyakinkan anak didiknya bahwa prestasi yang didapatkannya di Papua berbeda dengan juara yang sebelumnya diraih.

Oleh karena itu, Angga menilai sudah sepantasnya Susanti mendapatkan sambutan dari masyarakat. Angga mengatakan saat melihat mobil itu datang, dirinya termasuk dengan Susanti tidak mempermasalahkan.

Dia menepis minimnya sambutan kepada Susanti saat tiba di Bandara. Lagi-lagi, Angga mengatakan pihaknya sama sekali tidak mempermasalahkan meski tidak membayangkan yang datang pikap. "Tadi katong datang ada Kodim menyambut memberikan karangan bunga. Berfoto," ucapnya.

Sementara itu, Susanti yang dalam video itu sama sekali tidak berkomentar soal proses penjemputan dirinya. Dia hanya berterima kasih dan berharap dapat mewakili Indonesia di SEA Games. "Sangat berterima kasih sekali. Ke depannya mungkin bisa diperhatikan, bisa ikut SEA Games," harap Susanti.

Saat dikonfirmasi terkait konten viral tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Soi kemudian memberikan sebuah video klarifikasi dari Susanti dan pelatihnya, Angga Silitonga.