Otsus Akan Kunjungi Tiga Daerah untuk Pantau Implementasi Peraturan Khusus

Selasa, 12 Februari 2019 – 12:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) DPR RI segera akan berkunjung ke tiga wilayah khusus, yaitu Papua, Aceh, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melihat pelaksanaan regulasi Otsus. Ketiga wilayah ini punya kekhususan sendiri dengan anggaran yang juga khusus.

Ketua Tim Pemantau Otsus Fadli Zon menjelaskan, ada usulan agar Tim Pemantau mengunjungi tiga wilayah khusus itu untuk melihat dari dekat implementasi peraturan khusus.


“Agendanya seperti di Sabang ada pelaksanaan pembangunan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Di Papua saya kira kita perlu melihat persiapan menghadapi Pemilu,” kata Fadli, usai memimpin rapat internal Otsus, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Sementara di Yogyakarta, tim akan memantau implementasi Perda khusus yang berlaku di wilayah Provinsi Yogyakarta. Anggaran di ketiga wilayah tersebut, sambung Wakil Ketua DPR RI ini, juga menggunakan anggaran khusus. Tim Pemantau DPR RI akan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk terus mengaudit penggunaan dana Otsus tersebut.

“Tim ini sangat penting untuk memantau peraturan Outsus, baik peraturan-peraturan dan implementasi dari undang-undang yang ada. Ini, kan, berbeda dari daerah-daerah lain yang mempunyai undang-undang khusus dengan dana yang juga khusus. Ada dana Outsus Aceh, ada dana Outsus Papua, dan ada dana Otsus Yogyakarta,” tutur legislator Partai Gerindra itu.

Yang menarik, ada usulan yang berkembang dalam rapat internal itu. Pada periode yang akan datang, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta akan masuk Tim Pemantau DPR RI. DKI Jakarta juga punya kekhususan sebagai ibu kota negara. “Kita harapkan pada periode yang akan datang, kita akan ikut memantau DKI,” ungkap Fadli. (nls)