WHO Sebut Kaltara Jadi Provinsi Penularan Corona Tertinggi, Ini Kata dr Nadia

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 18:36 WIB

Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Istimewa)

KALIMANTAN UTARA, REQnews - Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat sorotan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai provinsi dengan tingkat penularan Covid-19 paling tinggi di Indonesia.

Diketahui, pada 27 September hingga 3 Oktober 2021, penularan Corona di Kalimantan Utara tercatat 56,8 kasus per 100 ribu penduduk.

"Berdasarkan pedoman interim WHO, ini berarti ada risiko tinggi infeksi COVID-19 untuk masyarakat umum dan tingginya jumlah infeksi lokal," tulis WHO dalam laporan mingguannya, pada 6 Oktober 2021.

Terkait hal itu, Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa penurunan kasus tetap terjadi di Kalimantan Utara.

Namun, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi menyebut aspek penularan angkanya lebih tinggi dibanding wilayah-wilayah lain di Indonesia.

"Dalam situation report (sitrep) WHO memang disebutkan Kalimantan Utara tertinggi. Dari insidensi memang tertinggi di Indonesia saat ini, tapi angkanya sudah jauh turun dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya," kata Nadia kepada wartawan, dikutip pada Sabtu 9 Oktober 2021.

Nadia menyebut tak ada temuan importasi kasus sebagai penyebab tingginya penularan Covid-19 di Kalimantan Utara. Seperti diketahui, provinsi tersebut memang berbatasan langsung dengan Malaysia yang sedang menghadapi lonjakan angka Covid.

"Sejauh ini dengan surveilans molekuler (sekuensing) kita belum ditemukan adanya importasi dari negara tetangga. Jadi ini kembali lagi tracing dan testing harus ditingkatkan, " kata dia.